| |

LEMBARAN HARAPAN UNTUK MENTAWAI

KARSA, Jakarta – Berdasarkan kesepakatan kerja sama antara Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) dan Yayasan Kasih Persaudaraan Bangsa (KARSA), yang ditandai dengan penandatanganan KKS pada tanggal 7 Desember 2023, keduanya menjadi mitra strategis dalam pelayanan penyebaran Alkitab di Indonesia. Kemitraan ini dilakukan dengan bekerjasama  dalam dua program, yaitu Program Pembaca Baru Alkitab (PBA) Mentawai dan Kabar Baik Bergambar (KBB) Lamaholot.

KARSA sebagai mitra strategis LAI memberikan dukungan nyata  pada tanggal 7 Mei 2024. Yang ditandai dengan acara simbolis  penyerahan donasi kepada LAI yang diwakilkan oleh Bapak Antonius Siahaan. Donasi sejumlah Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) yang diterima oleh donatur KARSA disalurkan kepada LAI untuk mendukung Program PBA Mentawai.

Penting untukĀ  diketahui bahwa Program PBA Mentawai adalah program pemberantasan buta aksara berbasis Alkitab dan sedang dilaksanakan tepatnya di Pulau Siberut, Mentawai. Melalui program ini, LAI ikut serta menjalankan mandat negara yang dijalani LAI untuk mempercepat pemberantasan buta huruf yang dilaksanakan secara nasional dan peningkatan indeks pengembangan Manusia bangsa Indonesia.

Dalam acara ini, LAI berbagi pengalaman tentang perjalanan yang sulit untuk menjangkau lokasi karena kondisi geografis dan alam yang harus melalui laut dengan perahu pompong dan proses evaluasi program yang dilakukan oleh LAI. Kami juga membicarakan perkembangan program PBA Mentawai yang telah diikuti oleh hampir 1.000 peserta dari target 1.400 peserta. Para peserta merupakan warga yang berasal dari tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Siberut Selatan, Siberut Tengah, dan Siberut Barat Daya.

Dengan capaian jumlah 1.000 peserta, hal ini berarti ada potensi bagi 1.000 warga untuk mengembangkan keterampilan membaca, menulis, bahkan menjadi tutor untuk warga lainnya. Program ini telah berperan dalam membantu umat Kristen untuk merasakan setiap lembaran harapan Alkitab yang mereka baca, menyadari bahwa ada kehidupan yang diberi terang oleh Firman Tuhan. Keterampilan membaca ini juga membantu dalam berinteraksi sosial sehingga mereka tidak tertipu jika melakukan transaksi di pasar yang dilakukan secara tertulis.

Hadir dalam acara simbolis ini mewakili LAI, Antonius Siahaan – Kepala Departemen Produksi, Mariyam Saptorini – Kepala Departemen Keuangan dan Akuntansi, Caroline Marlissa – Kepala Bagian Penggalangan Dukungan (Dept. Komitra), Maju Lumban Tobing – Staf Penelitian (Dept. Komitra) dan Martin Silitonga – Staf EO (Dept. Komitra), mewakili KARSA Martine Dian L – Sekretaris Umum, Martin Sibarani – Executive Director dan Alicia Y Toumahuw – Staff.

#MembacaUntukMembangun #PejuangLiterasi

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *